Pages

Kamis, 06 Maret 2014

BISNIS NASI BAKAR


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
NASI BAKAR





   Disusun oleh

                                                      Nama         : ANDRI WIJAYA 
                                                      NPM           : 13.02.8511                            
                                                      Kelas          : D3 MI 02
  Kelompok    : A

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA







ABSTRAK   
Manusia masih membutuhkan makan sebagai kebutuhan pokok manusia. Peluang bisnis makanan masih sangat Peluang bisnis makanan akan selalu ada selama terbuka lebar,minat pasar yang luas dan variasi menu yang dapat dikembangkan memudahkan kita untuk memulai bisnis dibidang makanan ini.Disamping itu bisnis ini juga merupakan contoh bisnis yang fleksibel karena bisnis ini menyesuaikan besarnya modal yang dimiliki.Sasaran pasar bisnis ini sangatlah luas, dari mulai anak-anak hingga orang tua pun bisa dijadikan sasaran pasar bisnis ini. Semakin enak rasa makanan yang disajikan,keramahan pelayanan yang diberikan, kenyamanan tempat makan serta strategi pemasaran yang tepat menjadikan bagian penting dalam menjalankan bisnis ini.
Latar Belakang
      STMIK AMIKOM YOGYAKARTA menerapkan kurikulum berorientasi. Lulusan STMIK AMIKOM YOGYAKARTA diharapkan mempunyai kemampuan akademik dan kemampuan melaksanakan praktik bisnis sehingga nantinya lulusan STMIK AMIKOM YOGYAKARTA akan menjadi pengusaha mandiri.
      Bergerak dari latar belakang tersebut, kami membentuk sebuah tim bisnis yang bergerak dalam usaha kuliner nasi bakar dengan merek dagang “CETAR MEMBAHANA”. Perusahaan / organisasi ini bergerak dalam bisnis kuliner yaitu Nasi bakar sebagai menu utamanya, di lengkapi dengan ayam bakar, ayam goreng dan teh botol sosro sebagai menu pelengkapnya.







DESKRIPSI USAHA
      Bergerak dari latar belakang tersebut, kami membentuk sebuah tim bisnis yang bergerak dalam usaha kuliner nasi bakar dengan merk dagang “CETAR MEMBAHANA”. Perusahaan / organisasi ini bergerak dalam bisnis kuliner yaitu Nasi bakar sebagai menu utamanya, di lengkapi dengan ayam bakar, ayam goreng dan teh botol sosro sebagai menu pelengkapnya.

IDENTITAS PERUSAHAAN
      Visi: Menjadi salah satu destinasi utama wisata kuliner di Kota Yogyakarta.
      Misi: Memuaskan lidah para pecinta wisata kuliner dengan rasa khas dari Nasi Bakar “CETAR MEMBAHANA”
      Tujuan: Menjadi perusahaan waralaba terlaris di Yogyakarta dan memiliki cabang yang tersebar di Kota Yogyakarta.
      Nama perusahaan: CETAR MEMBAHANA
      Lokasi: Seturan, Yogyakarta.
      Bentuk Usaha: Usaha Wisata Kuliner.
      Jenis Usaha: Franchise / Waralaba

IDENTITAS PERUSAHAAN
      Omzet :
      Nasi Bakar                            200 Prs x Rp 8.000 = Rp 1.600.000
      Ayam Goreng/Bakar            100 Prs x Rp 5.000 = Rp    500.000
      Teh Botol sosro                    200 Btl x Rp 4.000 = Rp     800.000
      Target Omzet                                                         Rp 2.900.000
      Modal                                                                    (Rp 1.840.000)
      Target Laba                                                           Rp  1.060.000



CARA PEMBUATAN
      Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan mentega/margarin hingga harum
      Masukkan daging ayam, aduk rata hingga berubah warna lalu tambahkan kecap manis. Biarkan sebentar hingga ayamnya menyusut
      Masukkan daun kemangi, aduk hingga layu lalu sisihkan
      Campurkan nasi dan teri medan, aduk hingga rata. Sisihkan
      Siapkan 4 set daun pisang, masing-masing 2 lembar daun yang cukup lebar. Hadapkan daun yang berwarna gelap ke arah atas
      Ambil ¼ nasi, letakkan di atas daun, beri ¼ bagian ayam, bentuk dan bungkus menyerupai bungkusan lontong dan semat ujung-ujungnya dengan lidi yang ditajamkan
      Kukus terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit agar lebih menyatu dan wangi, kemudian panggang kedua sisi dengan api kecil
      Nasi bakar merupakan makanan khas Indonesia, yang selain memiliki rasa yang khas juga memiliki aroma dan varian rasa yang bervariasi.


Keunggulan
      “CETAR MEMBAHANA” menawarkan beberapa varian rasa, yaitu Nasi Bakar Original, Nasi Bakar Ayam, Nasi Bakar Teri, dan Nasi Bakar Kampung, serta dengan tambahan lauk yang menambah citarasa dan meningkatkan daya saing usaha kami, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau!




SASARAN PEMASARAN
      Sasaran pemasaran kami lakukan ada pada beberapa lokasi, antara lain STIE YKPN, UPN VETERAN YOGYAKARTA, STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, BSI, UNIV. ATMAJAYA, STTNAS, Beberapa Sekolah Menengah Atas setempat, Beberapa Hotel-Hotel setempat, Kary. BRI, Kary. Bank Mandiri, Dll.
       
SUMBER DAYA  
Kualifikasi SDM:
       Sehat jasmani / rohani.
       WNI
       Pendidikan minimal SMA / Sederajat.
       Mau bekerja keras.
       Jujur, ulet, bertanggung jawab.
       Berpenampilan menarik.


REFERENSI

www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
2
0
I
M
I
R
D
N
A